Motherboard

Secara teknis motherboard diterjemahkan sebagai papan induk tempat dimana semua komponen pembentuk komputer terpasang. Paralel port, serial port, slot ekspansi, soket USB, hingga bus, memory, dan processor semua terintegrasi di motherboard. Sebuah komponen yang menjadi jantung hingga dapat mengintegrasikan semua komponen dalam sistem komputer ini dikenal dengan nama chipset, yakni sebuah chip (IC : Integrated Circuit) berukuran relatif kecil yang berisi bus yang menghubungkan hampir semua komponen komputer.

Karena pesatnya teknologi, kini kecepatan komputer (processor) telah mencapai satuan GigaHertz. Karena processor memerlukan memory untuk memproses data, maka diperlukan juga memory yang berkecepatan tinggi agar dapat mengimbanginya dan tentu saja bus juga harus berkecepatan tinggi. Agar hasil pemprosesan ini dapat langsung ditampilkan (real time) di monitor maka diperlukan juga bus berkecepatan tinggi yang menghubungkan processor dengan interface video atau piranti output grafis. Bus kecepatan tinggi ini menghubungkan processor dengan memory atau interface video/ grafis (dikenal dengan istilah north bridge).


Namun demikian ada piranti yang relatif tidak bisa atau tidak perlu dinaikkan kecepatannya, seperti printer, keyboard dan mouse yang dikelompokkan pada piranti input/ output yang juga terhubung kepada processor. Bus yang menghubungkan processor dengan piranti input/ output dikenal dengan istilah south bridge dan tentu saja tidak harus berkecepatan tinggi. Karena adanya perbedaan kecepatan ini, chipset komputer dituntut harus dapat menjembatani kerja masing-masing komponen agar bekerja sama secara sinkron. Pasangan kedua north bridge dan south bridge inilah yang disebut dengan chipset.

Selain chipset, di motherboard juga terdapat komponen :
  • Slot/ Socket Processor
  • Chip Super I/O
  • ROM BIOS (Flash ROM)
  • Slot/ Socket untuk memory
  • Slot Bus ISA/ PCI dan AGP
  • Regulator tengangan CPU, baterai dan konektor/ jumper.
Beberapa motherboard sudah dilengkapi dengan interface audio, video yang terintegrasi didalam motherboard yang dikenal dengan istilah motherboard on-board.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyrighted 2009-2012 © PendidikanRiau.com